I. Organization Structure - Overview
Dalam sebuah perusahaan tentu sangat diperlukannya sebuah Struktur Organisasi. Struktur Organisasi merupakan komponen utama dalam sebuah perusahaan untuk menjalankan tugas-tugasnya. Tanpa adanya Struktur Organisasi suatu perusahaan tidak akan berjalan sesuai dengan prosedur yang ada. Struktur Organisasi ini berfungsi sebagai acuan seorang karyawan dalam menjalankan tugas-tugasnya.
Pembagian Level Struktur Organisasi
Struktur Organisai di bagi menjadi 6 level :•
BOD (Board Of Director)
level ini berisi President Director / Commissioner. Di level ini hanya ada satu data saja, karena BOD ini di letakkan paling atas Struktur Organisasi
•
Division
level ini berisi divisi - divisi dalam sebuah perusahaan.
Contoh :
- Administration Division yang di bawahnya ada Marketing Project, dll
- Human Resource Division yang memiliki department HRD dan GA (general affair)
- dls
- Administration Division yang di bawahnya ada Marketing Project, dll
- Human Resource Division yang memiliki department HRD dan GA (general affair)
- dls
•
Department
level ini berisi department - department dalam sebuah perusahaan
•
Section
level ini berisi section - section dalam sebuah perusahaan
•
Group
level ini berisi group - group dalam sebuah perusahaan, yang secara struktur berada di bawah section
•
Team
level ini adalah level struktur yang optional, tidak harus ada di setiap perusahaan. Berbeda dengan 5 level sebelum nya yang sering di pakai di dalam perusahaan menengah ke atas.
Secara berurutan bisa di gambarkan sebagai berikut :
II. Cara Membuat Struktur Organisasi
Berikut cara membuat data Struktur Organisasi :
1
Pertama, buka menu [Employee Database] - [Features] - [Organization Strucutre].
2
Setelah window Department sudah terbuka, klik [Add Unit] untuk mulai membuat.


3
Lengkapi field yang ada pada halaman create berikut ini :


Keterangan :
No | Nama Field | Description |
---|---|---|
1 | Code | Kode Unit |
2 | Unit Name | Nama Unit |
3 | Parent | Parent dari unit organisai yang akan dibuat. Unit yang dibuat akan berada dibawah parent yang dipilih |
4 | Level |
Tingkat organisai yang akan dibuat. Secara hirarki, tingkat departemen diurutkan sebagai berikut :
BOD > Division > Department > Section > Group > Team |
5 | Notes | Catatan mengenai departemen yang dibuat |
4
Klik [Create] untuk membuat dan menyimpan data struktur yang telah di buat. Jika anda ingin membuat data struktur lagi, makan klik [Create & New].
III. Melihat Struktur Organisasi Perusahaan
Setelah melakukan pengisian Struktur Organisasi maka setelah itu kita bisa melihat hasil dari struktur yang telah di buat, untuk memastikan bahwah struktur sudah benar.
Klik tombol yang berada di sebelah pojok kanan dengan label [Organization Chart], maka akan tertampil Chart Struktur Organisasi.


Ada beberapa tombol navigasi untuk melihat tampilan chart :
1
Tombol [Left Sructure] ini untuk menampilkan chart rata kanan dan secara vertical


2
Tombol [Right Sructure] ini untuk menampilkan chart rata kiri dan secara vertical


3
Tombol [Top Sructure] ini untuk menampilkan chart secara horizontal dari atas ke bawah


Untuk tombol [Advance Search] di gunakan untuk menampilkan struktur dari unit yang pilih.