Input New Employee

I. Cara Memasukkan Data Karyawan (Employee)

Langkah-langkah untuk menambahkan data karyawan baru :
1
Klik menu [Employee Database] - [Activities] - [Active Employee]
2
Klik [Add Employee] untuk membuat data karyawan baru.
3
Masukkan data karyawan baru yang ingin anda tambahkan. Halaman ini terdiri dari 5 tab yaitu :
Detail Info

No Nama Field Deskripsi / Fungsi
1 #Bagde Nomor Induk Pegawai
2 ACID Nomor ID Mesin Finger
3 Fullname Nama lengkap
4 Nickname Nama panggilan
5 Gender Jenis kelamin
6 Religion Agama karyawan
7 Birth Place Tempat lahir (kota)
8 Birthday Tanggal lahir
9 Marital Status (PTKP) Status pernikahan yang berhubungan dengan pajak
10 Mobile Phone Nomor HP bisa pakai 0 atau +62
11 Email Email karyawan
12 Company Workbase Lokasi kerja karyawan
13 Join Date Tanggal gabung karyawan ke perusahaan
14 Employee Status Status karyawan, secara default adalah Kontrak
15 Working Status Status kerja, default awalnya adalah Aktif
16 Department, Section, Group, Team Ini relasinya ke struktur organisai, sesuai struktur yang di buat
17 Jobtitle Jabatan karyawan
18 Cost Center Ini untuk memilih pemusatan biaya setiap karyawan
19 Expatriate Ini untuk mendefinisikan bahwa karyawan tersebut adalah expatriate (bukan WNI)
Address & Location

No Nama Field Deskripsi / Fungsi
1 Transport By Untuk memilih karyawan tersebut menggunakan transportasi apa
2 Pickup Location Bila karyawan tersebut ikut jemputan, dimana?
3 Distance Home Jarak Rumah ke kantor
4 Way Home(Toll) Menunjukan jalan menuju ke rumah
5 Address, Province, City, Kecamatan, Pos Code, Country Ini adalah alamat sesuai dengan KTP
6 Citizenship Berisi pilihan WNI atau WNA
7 House Location Ini lokasi berdasarkan Maps (kalau ada)
Employee Identity

No Nama Field Deskripsi / Fungsi
1 Employee Photo Masukan foto karyawan
2 KK No Nomor Kartu Keluarga dan tambahkan fotonya
3 KTP No Nomor KTP dan tambahkan fotonya
3 Passport Nomor passport (bila ada) dan tambahkan fotonya
5 Driver Licence Nomor SIM karyawan dan tambahkan fotonya
6 BPJS Health Nomor BPJS kesehatan karyawan dan tambahkan fotonya
7 Jamsostek Nomor Jamsostek atau BPJS ketenagakerjaan dan tambahkan fotonya
8 NPWP Nomor NPWP dan tambahkan fotonya
Payroll & Amount

No Nama Field Deskripsi / Fungsi
1 Bank Bank rekening karyawan
2 Bank Number Nomor rekening karyawan
3 Template Slip Untuk memilih tampilan slip karyawan
4 Currency Mata uang yang digunakan
5 Basic Salary Gaji pokok karyawan juga bisa di update di form employee
6 Salary? Gaji di bayar atau tidak
7 Salary Daily Gaji pokoknya harian atau bulanan
8 Use Pay Grade? Ini untuk setting, menggunakan level gaji atau tidak
9 Pay Grade Jika mengunakan pay grade anda akan memilih salah satu dari pilihan yang tersedia, jika tidak maka akan otomatis mati
10 Working Day Hari kerja karyawan
11 Working Total Jam kerja karyawan dalam satu hari
12 Working Hour Jam kerja karyawan, lembur atau lumpsum
13 Must Check Clock? Ini untuk memastikan karyawan tersbut menggunakan check clock atau tidak
14 Payment Tax Pembayaran pajaknya bagaimana? Gross, Gross Up atau Net
Other

No Nama Field Deskripsi / Fungsi
1 Blood Golongan darah
2 Uniform Ukuran seragam karyawan
3 Pants Ukuran celana karyawan
4 Shoe Ukuran sepatu karyawan
5 Height Tinggi karyawan
6 Weight Berat badan karyawan
7 Hobby hobi karyawan
8 Work Email Email khusus kerja
9 Social Media : Facebook, Twitter, Instagram, Whatapp dan Telegram sosial media karyawan
10 Mastery of Language Penguasaan bahasa
11 Notes Catatan terhadap data karyawan tersebut (bila ada)
4
Jika sudah selesai melengkapi data yang di butuhkan, silahkan klik [Create Employee] untuk menyimpan data karyawan yang sudah di masukkan.

II. Cara Menambahkan Data Keluarga Karyawan (Employee Families)

Untuk menambah data Employee Families, berikut adalah langkah-langkahnya :
1
Klik menu [Employee Database] - [Activities] - [Employee Families].
2
Kemudian pilih karyawan yang akan ditambahkan data keluarganya, dan klik icon plus didalam list.
3
Lengkapi field yang tersedia pada halaman Create Employee Family ini.
No Nama Field Description Required
1 Family Name Nama kelurga Yes
2 Family Number(NIK) Nomor Induk Keluarga (Nomor KK)
3 Dependent Apakah keluarga tersebut menjadi tanggungan karyawan atau tidak (Yes/No)
4 Family Type Tipe keluarga Yes
5 Gender Jenis kelamin sesuai
6 Birth Place Tempat lahir
7 Birthday Tanggal lahir
8 Shirt Size Ukuran baju keluarga (Biasanya digunakan perusahaan saat gatering)
9 Last Education Pendidikan terakhir
10 Job Pekerjaan keluarga
11 Notes
4
Klik [Create] untuk menyimpan data keluarga yang telah di masukkan. Jika ingin menyimpan dan membuat data baru lagi, klik [Create & New].
Tips :
Antara data keluarga (Employee Family) dan data karyawan aktif (Active Employee) bisa terhubung dengan menggunakan Nomor Induk Keluarga (NIK).

III. Cara Menambahkan Pendidikan Karyawan (Employee Education)

Berikut adalah langkah-langkah untuk menambahkan latar belakang pendidikan karyawan :
1
Buka menu [Employee Database] - [Activities] - [Employee Education ].
2
Kemudian pilih karyawan yang akan anda tambahkan data pendidikannya dan klik icon plus di samping nama karyawan dalam list.
3
Lengkapi field yang tersedia pada halaman Create Employee Education ini.
No Nama Field Description Required
1 Employee Nama karyawan yang akan ditambahkan data pendidikannya (Otomatis) Yes
2 Type Tipe sekolah apakah formal atau tidak
3 Education Pilih jenjang pendidikan karyawan Yes
4 Year Start Tahun masuk sekolah/universitas Yes
5 Year End Tahun berakhirnya pendidikan
6 School/University Nama sekolah karyawan Yes
7 Major Jurusan yang di ambil karyawan atau title
8 School Kecamatan Kecamatan sekolah tersebut
9 School City Kota sekolah tersebut
10 School Province Provinsi sekolah tersebut
11 School Country Negara sekolah tersebut
12 School Address Detail alamat sekolah. Jalan, nama gedung, pertokoan, dll
13 Certificate Sertifikat dalam bentuk file yang diupload
4
Klik tombol [Create] untuk menyimpan data. Atau klik tombol [Create & New] untuk menyimpan data dan membuat data baru.

IV. Cara Menambahkan Data Pengalaman Kerja (Work Experience)

Berikut cara membuat data pengalaman kerja karyawan :
1
Klik menu [Employee Database] - [Activities] - [Work Experience].
2
Klik tombol [Create] atau klik icon plus yang ada di dalam list untuk menambahkan data baru.
3
Lengkapi field yang tersedia dihalaman Create Work Experience :
No Nama Field Description Required
1 Employee Nama employee, bisa di pilih didalam dropdown employee Yes
2 Company Name Nama perusahan tempat karyawan tersebut bekerja sebelum Yes
3 Position Posisi karyawan di perusahaan sebelumnya
4 Start Date Tanggal karyawan mulai bekerja di perusahaan sebelumnya
5 End Date Tanggal karyawan terakhir bekerja di perusahaan sebelumnya
6 Description Deskripsi secara singkat
4
Klik [Create] untuk menyimpan data yang telah di isi, atau klik [Create & New] untuk menyimpan dan membuat data baru lagi.