Manage Insurances

I. Asuransi untuk Karyawan (Insurance)

Asuransi adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada tindakan, sistem, atau bisnis di mana perlindungan finansial (atau ganti rugi secara finansial) untuk jiwa, properti, kesehatan dan lain sebagainya mendapatkan penggantian dari kejadian-kejadian yang tidak dapat diduga yang dapat terjadi seperti kematian, kehilangan, kerusakan atau sakit, di mana melibatkan pembayaran premi secara teratur dalam jangka waktu tertentu sebagai ganti polis yang menjamin perlindungan tersebut.
Pada HRIS ini memiliki fitur Insurance untuk memasukkan asuransi premi untuk karyawan, terutama asuransi BPJS Kesehatan dan Jamsostek yang menurut pemerintah harus diterapkan oleh perusahaan - perusahaan. Didalam fitur Insurance ini terdapat 3 fungsi utama yaitu :
1
Memasukkan asuransi sesuai dengan pambagian, pembagian yang dimaksud adalah pembagian pembayaran, mana yang di bayar perusahaan (Company Paid), mana yang di bayar sendiri (Self Paid).
2
Menambahkan Pengecualian terhadap karyawan, bila ada karyawan - karyawan yang tidak dapat asuransi tertentu.
3
Menambahkan Nilai Tetap terhadap Asuransi tertentu ini berfungsi bila ada karyawan tertentu yang tidak menggunakan prosentase (%), tapi menggunakan nilai langsung.
Hak Akses
Yang mempunyai hak akses untuk fitur ini adalah HRD manager, supervisor. Namun kembali lagi ke kebijakan masing - masing bahwa akes ini bisa diubah seusi dengan permintaan dan kesepakatan user HRIS ini.

II. Cara Membuat Tipe Asuransi (Insurance Type)

Insurance Type digunakan untuk mengelompokkan asuransi terhadap program asuransi yang diikuti. Contoh asuransi yang umum diterapkan perusahaan sesuai dengan peraturan pemerintah adalah : BPJS Kesehatan, dan BPJS Ketenagakerjaan (Jamsostek). Pengelompokkan ini berguna untuk mengelompokkan nilai yang digunakan untuk pelaporan asuransi.
Secara default terdapat 2 tipe yang sudah di sediakan :
  1. BPJS Keshatan
  2. BPJS Ketenagakerjaan (Jamsostek)
Berikut ini cara membuat Tipe Asuransi :
1
Masuk ke menu [Payroll] - [Master Data] - [Insurance Type]
2
Klik tombol [Create] untuk membuat data baru, setelah itu pada halaman Create Insurance Type isi field yang di sediakan :

No Nama Field Deskripsi Required
1 Name Nama tipe asuransi Yes
2 Description Deskripsi singkat mengenai tipe asuransi
3
Setelah itu klik tombol [Create] untuk menyimpan data tersebut.
4
Setelah di buat, data tipe asuransi siap di gunakan untuk membuat detail asuransi

III. Cara Membuat Detail Asuransi untuk Karyawan (Insurance Detail)

Detail Asuransi ini digunakan untuk membuat perincian kolom pada slip ataupun laporan gaji karyawan terhadap Tipe Asuransi yang ada. Detail Asuransi didalam HRIS terbagi lagi menjadi 2 bagian berdasarkan pengelompokkan, sebagai berikut :
Company Paid atau disingkat "CP" adalah premi asuransi yang dibayar oleh perusahan, masuk sebagai tunjangan
Self Paid atau disingkat "SP" adalah premi asuransi yang ditanggung karyawan sendiri sebagai potongan
Contoh Kasus : BPJS Kesehatan ditangung perusahaan 4% dan ditanggung karyawan 1%, maka

  • Pada Company Paid akan dibuat satu Detail Asuransi dengan nama "BPJS Kesehatan ditanggung perusahaan" dengan rate 4%
  • Pada Self Paid akan dibuat 2 Detail Asuransi dengan nama "BPJS Kesehatan ditanggung perusahaan" dengan rate 4% dan "BPJS Kesehatan ditanggung karyawan" dengan rate 1%
Jadi secara total 1% dari BPJS Kesehatan di tanggung oleh karyawan sendiri dan 4% dari asuransi tersebut di tanggung perusahaan
Berikut langkah - langkah untuk membuat Detail Asuransi karyawan :
1
Pertama, buka menu [Payroll] - [Master Data] - [Detail Insurance] untuk membuka halaman insurance
2
Untuk membuat data baru klik tombol [Add New Insurance] yang ada bagian atas.
3
Pada halaman Create Insurance isi sesuai dengan field yang sudah disediakan:
No Nama Field Deskripsi Required
1 Code Kode asuransi
2 Name Nama asuransi, penamaan ini juga akan di pakai sampai ke slip dan laporan Yes
3 Group Ini untuk pengelompokkan, dibayar perusahaan atau dibayar sendiri Yes
4 Insurance Type Tipe Asuransi untuk pengelompokkan program asuransi Yes
5 Parent Ini digunakan bila ada perhitungan lain dibawah detail
6 Rate% Premi dari komponen asuransi, contoh : JHT 1%, JP 1%, dst
7 Maximum Amount Adalah nilai maksimal untuk rate asuransi
8 Component Komponen pengali rate asuransi
9 Notes Catatan (bila ada)
10 Just Report Bila bernilai "Ya" maka detail asuransi ini hanya akan terhitung untuk report saja
4
Setelah itu klik tombol [Create] untuk menyimpan data yang sudah dibuat. Atau klik tombol [Create & New] untuk menyimpan data dan membuat asuransi baru.
5
Setelah membuat Detail Asuransi, anda bisa langsung meng-kalkulasinya sehingga masuk ke laporan gaji dan slip yang sudah di buat. Untuk cara kalkulasi gaji dijelaskan dibantuan lainnya.