Time Sheet

I. Time Sheet - Overview

Time Sheet adalah data lembar waktu yang ada di dalam sebuah perusahaan yang tujuannya di gunakan untuk menyususn jadwal kerja karyawan. Time Sheet ini memiliki ragam waktu yang sangat banyak, biasanya dalam satu perusahaan minimal ada 3 time sheet yang berbeda.
Contoh :
  1. Perusahaan Jasa yang masuk hanya jam kantor : OFFICE TIME (08:00 - 17:00), OFFICE TIME JUM'AT (08:00 - 17:00, dengan istirahat yang berbeda), HOLIDAY (khusus untuk hari libur)
  2. Perusahaan yang memiliki 2 shift : OFFICE TIME (08:00 - 17:00), OFFICE TIME JUM'AT (08:00 - 17:00, dengan istirahat yang berbeda), SHIFT 1 (08:00 - 17:00), SHIFT 1 JUM'AT (08:00 - 17:00), SHIFT 2 (20:00 - 05:00), HOLIDAY (khusus untuk hari libur)
  3. Perusahaan yang memiliki 3 shift : OFFICE TIME (08:00 - 17:00), OFFICE TIME JUM'AT (08:00 - 17:00, dengan istirahat yang berbeda), SHIFT 1 (07:00 - 16:00), SHIFT 1 JUM'AT (06:30 - 16:00), SHIFT 2 (16:15 - 00:15), Shift 3 (00:30 - 08:30), HOLIDAY (khusus untuk hari libur)
  4. Dst.

Dari time sheet di atas nantinya akan di masukkan ke dalam schedule kerja karyawan yang juga memiliki patern nya sendiri - sendiri.

II. Cara Membuat Lembar Waktu (Time Sheet)

Berikut ini adalah cara / langkah - langkah membuat time sheet :
1
Pertama, masuk ke menu [Attendance] - [Master Data] - [Time Sheet].
2
Klik tombol [Add New] yang ada button group pojok kanan atas.
3
Pada halaman Create Time Sheet terdapat 4 tab yang perlu di isi, sebagai berikut :
Tab "Detail Info"
No Nama Field Deskripsi Required
1 Code Kode time sheet Yes
2 Name Nama time sheet Yes
3 Set Shift Menetukan time sheet ini berada di shift berapa? Yes
4 Check In Jam masuk
5 Check Out Jam pulang
6 Delay Time Toleransi keterlambatan (toleransi terhadap jam masuk)
7 Type Day Tipe hari, Workday atau Holiday
8 Color Warna untuk time sheet berguna saat reporting
Tab "Break Details"
Secara default untuk break time hanya di sediakan 3 baris yang terdiri dari : 1 baris istirahat kerja, dan 2 baris istirahat lembur. Tapi user bisa minta tambahan baris (bila di butuhkan)
Tab "Rules"
Di tab ini berisi aturan - aturan yang sekiranya berhubungan dengan time sheet, seperti : Jam Mulai Lembur, Time Sheet ini dapat tunjangan atau tidak, dan sebagainya.
No Nama Field Deskripsi
1 Start Overtime Jam awal lembur, secara default mengikuti jam pulang
2 Max OT Limit (hrs) Maksimum limit untuk lembur
3 On OT Over Limit "Ketika melebihi limit lembur" apa yang terjadi
4 Similar Day Kolom ini di khususkan untuk membuat time sheet berdasarkan hari
5 Daily Allowance? Mendapat tunjangan atau tidak
Tab "Notes"
4
Setelah di isi sesuai dengan kebutuhan, klik button [Create] untuk menyimpan data time sheet yang telah di buat. Atau klik [Create & New] untuk menyimpan dan membuat data baru.